MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG

MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG
PKRS DAN KESWAMAS RS JIWA Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG "PEDULI KESEHATAN JIWA". PENDERITA GANGGUAN JIWA BISA BERKARYA BILA TIDAK DIPASUNG.

Jumat, 16 Maret 2012

MENJAGA OTAK TETAP SEHAT DAN AKTIF BEKERJA


Tahukah Anda bahwa otak manusia terdiri dari terdiri dari 100 milyar saraf yang terkait dengan 10 ribu saraf lainnya.Bayangkan dengan kerumitan otak seperti itu, bukankah Anda wajib menyayangi otak Anda agar senantiasa sehat dan tidak mengalami kemunduran.  Berikut beberapa hal dan tips serta trik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan otak Anda. Jadikan hal-hal berikut sebagai bagian dan rutinitas dalam kehidupan Anda yang menyenangkan sekaligus berguna bagi kesehatan otak Anda.

Menjaga otak agar tetap aktif bekerja 
Kemunduran otak tidak hanya dialami oleh lansia tapi juga bisa dialami oleh orang dewasa.  Tapi, penelitian telah menemukan bahwa  dengan tetap menjaga otak selalu aktif akan dapat meningkatkan vitalitas otak dan dapat membangun hubungan dan cadangan sel-sel otak. Bahkan dengan melatih dan menjaga otak tetap aktif, Anda dapat menghasilkan sel-sel otak baru.
Tingkat pendidikan yang rendah diketahui berkaitan erat dengan resiko tinggi terjadinya Alzheimer pada seseorang di kemudian hari. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan rendahnya tingkat stimulasi mental jangka panjang semasa hidup seseorang. Pada kondisi yang sebaliknya, tingkat pendidikan yang tinggi menunjukkan sedikit banyak dapat melindungi dari penyakit Alzheimer (efek protektif), kemungkinannya karena lebih kuatnya sel-sel otak dan hubungan diantaranya sel-sel tersebut. Meskipun pada individu-individu dengan pendidikan yang baik tetap dapat berpotensi terserang Alzheimer, tapi gejalanya muncul lebih lama yang dikarenakan karena efek protektif seperti yang disebutkan diatas.
Anda tidak harus membuat perubahan ekstrem untuk meraih beberapa keuntungan keuntungan itu. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana dan kecil, seperti jalan santai tiap hari. Setelah beberapa waktu, tambahkan perubahan-perubahan kecil lainnya.



Adapun kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan agar otak sehat antara lain:
1. Membaca
Membaca membiarkan dan membuat pikiran Anda menguraikan/menerjemahkan, membeda-bedakan, melakukan interpretasi dan berinteraksi, membangunkan rasa keingintahuan, intelektual atau kecerdasan Anda akan tertantang, pikiran akan selalu  terjaga dan digunakan.


2.Menulis
Tindakan menulis sebuah catatan akan merangsang proses-proses mental dalam diri Anda. Tujuan menulis catatan menyediakan dan memberikan kita sebuah cara untuk menjelaskan dan mengatur pikiran kita.
Beberapa orang menyukai dan selalu menulis jurnal dan diary atau buku harian sebagai suatu cara melepaskan pikiran dan emosi. Menulis dalam kapasitas ini adalah sebuah cara yang baik sekali untuk meningkatkan kemampuan dalam mengamati dan mengingat kembali.

3. Menghafal.
Ketika sesuatu hal menjadi kenangan, menggunakannya atau kehilangannya adalah sebuah rekomendasi yang adil. Semakin banyak anda menggunakan kemampuan memori atau daya ingat Anda, semakin baik pula kemampuan otak Anda dalam mengingat hal-hal tersebut.
Cobalah menghafal menulis ke dalam agenda, daftar belanjaan yang akan anda beli, atau pernyataan, mengacu pada catatan-catatan penting. Tindakan menulis suatu tulisan akan merangsang dan menstimulasi daya ingat Anda. Anda bisa juga mencoba menghubungkan satu hal dengan hal lainnya untuk mengingatkan ingatan Anda.

4. Bermain olahraga otak.
Apakah ilmu matematika, ilmu science atau logika alam, permainan atau game untuk otak membantu menajamkan kejernihan otak Anda. Contoh bentuk permainan atau game seperti itu yaitu puzzle teka-teki silang (crossword puzzles), acrostic atau cryptic puzzles, ilusi grafis (graphic illusions), atau "brain teasers" yang menantang otak Anda.
Melakukan jenis-jenis puzzle dan permainan tersebut adalah suatu cara yang menyenangkan  untuk menjaga pikiran Anda tetap fokus dan tertantang.

5.Menikmati Musik
Musik selalu menjadi bagian dari perayaan kesenangan dan juga kemeriahan. Hanya saja baru-baru ini telah dipelajari bahwa terapi musik dapat membantu menurunkan stres, menstimulasi atau merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu daya ingat.
Anda akan mendapatkan pengaruh positif dari mendengarkan musik, memainkan instrumen musik, berdansa atau bernyanyi.

Selain itu sebaiknya hindari juga kebiasaan buruk dibawah ini  jika Anda menginginkan kerja otak tetap baik, seperti :
1.    Tidak mau sarapan
Kerap kali kita menyepelekan sarapan. Kebiasaan tidak sarapan dapat mengakibatkan  turunnya pasokan gula dalam darah, ini menyebabkan suplai zat gizi untuk otak berkurang yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kemunduran otak.
2.    Merokok
Bayangkan otak Anda  menyusut dan pada akhirnya otak dapat kehilangan fungsinya. Tak ayal lagi  di kala Anda  tua rawan mengalami Alzheimer. Begitulah efek samping dari merokok, begitu mengerikan.
3.    Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Konsumsi gula yang berlebihan dapat menggangu penyerapan protein dan zat gizi lainnya sehingga tubuh dan otak dapat kekurangan gizi. Selain itu energi yang disuplai dari gula tidak stabil, sehingga daya konsentrasi mudah menurun. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mengganti secangkir teh manis Anda dengan yoghurt di saat sarapan.
4.    Kurang tidur
Membuat Anda sukar untuk berkonsentrasi. Usahakan beristirahat yang cukup dan tidur tidak terlalu larut malam.



                                                                                                                                     (Febry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar