MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG

MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG
PKRS DAN KESWAMAS RS JIWA Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG "PEDULI KESEHATAN JIWA". PENDERITA GANGGUAN JIWA BISA BERKARYA BILA TIDAK DIPASUNG.

Kamis, 10 Oktober 2013

"MENTAL HEALTH IN OLDER ADULT" HKJS 2013

Pada bulan Oktober 2013 ini tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia adalah "Mental Health In Older Adult" atau diartikan "Melintasi Usia dengan Jiwa Sehat". Tema ini kuat berkaitan dengan tema tahun sebelumnya yang difokuskan kepada kesadaran atas depresi sebagai penyakit yang membebani masyarakat global  di nomor dua setelah penyakit jantung dan pembuluh darah.
Ketika kita berangkat menua, ada dua destinasi yang menunggu kita. Akankah kita menuju ke Panembahan ataukah langsung ke Kasepahan ? Panembahan adalah arah kemana kita mendapat kearifan dari mereka yang bijak karena telah kenyang pengalaman hidup, dan kasepahan adalah keadaan yang lebih dekat ke kemunduran mendekati sesuatu yanag sepah, yang lebih banyak menjadi beban ketimbang peringan hati yang bimbang. Menyadari hal di atas, RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang termasuk yang mengutamakan pemaknaan lebih untuk kegiatan penyiapan hari tua. Titik berat kepada pemberdayaan para sepuh adalah salah satu unggulan Rumah Sakit.

Apa itu kesehatan, jika menarik definisinya, adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Ini berarti bahwa kesehatan mental/jiwa pempunyai peranan penting dalam kehidupan secara keseluruhan, juga perlunya memahami tingkat kepedulian yang sama antara kesehatan psikis dengan kesehatan fisik.

Seorang lansia sakit bukan karena usianya melainkan karena ada suatu penyebab patologis tertentu yang menjadi penyebabnya. Penyakit fisik sering menjadi faktor kontribusi terhadap gangguan jiwa pada usia lanjut. Sebaliknya gangguan jiwa dapat memperparah gejala dan gangguan fungsional yang berkaitan dengan penyakit fisik, menambah hari perawatan di RS dan akhirnya meningkatkan biaya perawatan.

Gangguan jiwa mempunyai dampak besar terhadap kemampuan usia lanjut melakukan aktivitas dasar kehidupan sehari-hari, menambah ketergangtungannya, akhirnya mempengaruhi kualitas kehidupan. Adanya stigma (pandangan negatif) terhadap gangguan/penyakit jiwa, menyebabkan terlambatnya deteksi dan penanganannya.


Gangguan jiwa pada usia lanjut yang banyak dijumpai adalah :

a. Demensia (Pikun) dengan berbagai penyebab seperti depresi, kecemasan.  Beberapa manifestasi gangguan jiwa berat (gangguan psikotik), ditandai hilangnya kontak dengan realitas. Beberapa tanda peringatan Gejala dan tanda di bawah ini bukan ciri normal suatu proses menua, tapi merupakan petunjuk adanya tendensi suatu gangguan kesehatan jiwa yang perlu mendapat penanganan yang memadai dan sedini mungkin.
 b. Perasaan sedih/murung yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Menangis yang tidak jelas sebabnya. Kehilangan minat dan kesenangan terhadap aktivitas yang selama ini bisa dinikmatinya, Kelelahan, hilang tenaga - Mudah tersinggung / marah - Berkurang / hilang nafsu makan, perubahan berat badan secara bermakna - Gangguan tidur / insomnia - Perasaan tidak berharga, pikiran bersalah yang irrasional - Pikiran tentang kematian, bunuh diri - Keluhan nyeri yang tidak khas, sembelit - Kebingungan, disorientasi. - Daya ingat sangat menurun - Menarik diri - Kemunduran aktivitas hidup sehari-hari dan perawatan diri.
c. Gangguan cemas, berupa ketegangan atau gugup, sulit konsentrasi, pusing, berkeringat, denyut jantung cepat, nyeri perut.
d.  Keluhan fisik beragam.

Bantuan untuk  apabila menemui usia lanjut yang mengalami gangguan kesehatan jiwa :
a. Gangguan kesehatan jiwa dapat diobati, apalagi bila diketahui sejak awal. semakin dini mendapat pengobatan, semakin baik hasilnya.
b. Perhatikan tingkah laku usia lanjut, kalau ada perubahan segera telusuri apakah ada sesuatu yang menyebabkannya.
c. Kalau tidak selesai, minta bantuan dokter, perawat, psikolog, psikiater, kader kesehatan, dll.


                                                                                                                                 ( Istoyo )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar