MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG

MENUJU INDONESIA BEBAS PASUNG
PKRS DAN KESWAMAS RS JIWA Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG "PEDULI KESEHATAN JIWA". PENDERITA GANGGUAN JIWA BISA BERKARYA BILA TIDAK DIPASUNG.

Kamis, 28 Juni 2012

SAFARI BEBAS PASUNG

RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang mengagendakan Program Safari Bebas Pasung yaitu kegiatan penyuluhan kesehatan jiwa ke Dinas Kesehatan Se-Jawa Timur dalam rangka mendukung visi "Menuju Indonesia Bebas Pasung 2014". Selain itu hal ini dilatarbelakangi juga bahwa masih adanya berita di media masa yang menginfokan tentang kejadian pasung terhadap penyandang gangguan jiwa di masyarakat. Berita terbaru di muat pada koran Jawa Pos tanggal 7 Maret 2012 pada halaman 5, dimana didapatkan informasi bahwa 64 orang gila di pasung di wilayah Pacitan. Jika saat ini jumlah penduduk kabupaten Pacitan adalah sekitar 540.510 jiwa, maka kejadian korban pasung sebesar 11,47 per 100.000 penduduk di populasi. Hal ini cukup mengundang perhatian bagi RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sebagai Rumah Sakit rujukan wilayah Indonesia Timur terhadap permasalahan penanganan gangguan jiwa.

Menyikapi hal tersebut, RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang berinisiatif untuk melakukan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi petugas kesehatan dalam melakukan penanganan penderita gangguan jiwa. Mengingat sampai saat ini rasio kecukupan tenaga Psikiater terhadap jumlah penduduk Indonesia masih sangat kurang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi dampak dari kesenjangan tersebut sehingga upaya untuk memberikan penanganan penderita gangguan jiwa dapat segera dilakukan di tingkat Puskesmas.
Kegiatan ini difasilitasi oleh Bagian Diklit bersama dengan Instalasi PKMRS dan Psikiater yang sebelumnya telah secara rutin melakukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan jiwa, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sistem rujukan dan layanan-layanan yang ada di RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Penyuluhan Keswa di Dinkes Kab. Tulungagung (Dr. IDG Basudewa, SpKJ)



Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
  1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi tenaga kesehatan dalam melakukan deteksi dini dan penanganan penyakit gangguan jiwa di masyarakat
  2. Memberikan motivasi kepada tenaga kesehatan akan pentingnya melakukan kegiatan promosi di masyarakat terkait dengan masalah gangguan jiwa.
  3. Memberikan informasi kepada tenaga kesehatan tentang alur rujukan dalam memberikan penanganan gangguan jiwa
  4. Membekali Dokter dan Perawat Puskesmas dengan pengetahuan tentang deteksi dini gangguan jiwa serta tata laksana pengobatannya.
  5. Mendorong RSUD Kabupaten/Kota atau Puskesmas terpilih, membuat klinik kesehatan jiwa dengan pendampingan Psikiater RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat lawang.
  6. Memberikan informasi bagaimana sistem rujukan penderita gangguan jiwa dan penderita pasung dan layanan-layanan yang ada di  RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Penyuluhan Keswa di Dinkes Kab. Gresik (Dr. Marintik Ilahi, SpKJ)

Program Safari Bebas Pasung ini telah  dan akan dilaksanakan :
  1. Dinkes Kabupaten Lumajang  tgl. 24 April 2012
  2. Dinkes Kabupaten Kediri tgl. 30 April 2012
  3. Dinkes kabupaten Ngawi tgl. 14 Mei 2012
  4. Dinkes Kabupaten Tulungagung  tgl. 23-24 Mei 2012
  5. Dinkes Kabupaten Jombang  tgl. 28 Mei 2012
  6. Dinkes  Kabupaten Bojonegoro  tgl. 7 Juni 2012
  7. Dinkes Kabupaten Gresik tgl. 18 Juni 2012
  8. Dinkes Kabupaten Situbondo tgl. 5 Juli 2012 ( * akan dilaksanakan)
  9. Dinkes Kabupaten Madiun tgl. 9 Juli 2012 (* akan dilaksanakan) 
Untuk Dinkes Se- Jatim lainnya yang menginginkan kegiatan safari bebas pasung ini dilaksanakan di wilayah kerja Anda, maka dapat menghubungi :


Instalasi PKMRS RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Jl. A Yani Lawang, Kab. Malang
Telp:  0341-426015, 429067 Ext. 1212
Helpline Service : 0341-424224
Fax : 0341-423785
Email: pkmrsjrwlawang@yahoo.co.id 
                                                        
                                                                                        ( Febry )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar